Just another WordPress.com site

>RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
PENDIDIKAN AGAMA
ISLAMRENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XI/ 2.
PERTEMUAN KE : 1 dan 2 (Pertama dan Kedua )
ALOKASI WAKTU : 4 x 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 19. Memahami ayat-ayat Al-Quran tentang
perintah menjaga Kelestarian
lingkungan hidup.
KOMPETENSI DASAR : 19.1. Membaca QS Ar-Rum:41; Al-
A’raf:56-58; dan Ash-Shod: 27.
19.2. Menjelaskan arti QS Ar-Rum:41, Al-
A’raf:56-58; dan sh- Shod: 27.
19.3. Membiasakan perilaku menjaga
kelestarian lingkungan hidup seperti
terkandung dalam QS Ar-Rum:41;
Al-A’raf:56-58; dan Ash- Shod: 27.
INDIKATOR : – dapat membaca ayat diatas dengan
bagus
– dapat mengartikan ayat-ayat tersebut
diatas.
– dapat menerapkan pelestarikan
lingkungan hidup dalam kehidupan
sehari-hari.
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
: Agar dapat membaca Al-Quran dengan
baik,
Agar dapat menerapkan makna ayat
tersebut kehidupan sehari-hari.
II. MATERI AJAR : 1. Surat Ar-Rum:41, Al-A’Raf: 56-58; dan
Ash-Shod :27.
: 2. Makna Surat Ar-Rum:41,Al-A’Raf: 56-58,
Ash-Shod:27.
: 3. Prilaku yang yang dijelaskan oleh ayat
tersebut.
I
II. METODE
PEMBELAJARAN
: 1. Tanya Jawab
2. Ceramah Bervariasi dan diskusi
3. Tugas individu mengirim melalui e-mailIV. LANGKAH2
PEMBELAJARAN
A. Langkah Awal
1. Guru melaksanakan pre-test
2. Tugas kepada siswa membaca modul
B. Langkah Inti
1. Siswa mencatat hal – hal penting dari
modul
2. Menanyakan hal – hal yang kurang
dipahami
3. Guru bertanya kepada siswa
4. Tanya jawab guru dan atau kelompok
5. Menyimpulkan hasil pembelajaran
C. Kegiatan Akhir
1. Melaksanakan post test
2. Remedial

V. ALAT/BAHAN/SUMBER
BELAJAR
: Buku Pelajaran Agama Islam Dept Agama,
Buku Penunjang dari lainnya,
Al-Quran dan terjemahannyan oleh Depag.

VI. PENILAIAN : Bentuk Tes : Tertulis, Tes Lisan, dan
Pengamatan dan melalui e-mail

VI. BENTUK SOAL : Esay
1. Bacalah Surat Ar-Rum: 41, Al-A’raf:56-58,
Ash-Shod:27.
2. Jelaslah ayat tersebut diatas
3. Bagaimanakah cara melestarikan hidup?RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XI/ 2.
PERTEMUAN KE : 6 (Keenam )
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 23. Memahami ketentuan hukum Islam
tentang pengurusan jenazah.
KOMPETENSI DASAR : 23.1. Menjelaskan tatacara pengurusan
jenazah.
23.2. Memperagakan tatacara pengurusan
jenazah.
INDIKATOR : – dapat menerangkan cara
memandikan, mengkafani, mensholat-
kan dan menguburkan jenazah.
– dapat memperagakan memandikan,
mengkafani, mensholatkan dan
menguburkan.
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
: – Agar mengetahui cara memandikan,
mengkafani, mensholatkan dan
menguburkan jenazah.
– Agar dapat melaksanakan
penyelenggaraan jenazah ini terhadap
keluarga yang mengalaminya.
II. MATERI AJAR : 1. Tata cara penyelenggaraan jenazah.
III. METODE
PEMBELAJARAN
: 1. Tanya Jawab
2. Ceramah Bervariasi dan diskusi
3. Tugas individu mengirim melalui e-mail
IV. LANGKAH2
PEMBELAJARAN
A. Langkah Awal
1. Guru melaksanakan pre-test
2. Tugas kepada siswa membaca modul
B. Langkah Inti
1. Siswa mencatat hal – hal penting dari
modul
2. Menanyakan hal – hal yang kurang
dipahami
3. Guru bertanya kepada siswa 4. Tanya jawab guru dan atau kelompok
5. Menyimpulkan hasil pembelajaran
C. Kegiatan Akhir
1. Melaksanakan post test
2. Remedial
V. ALAT/BAHAN/SUMBER
BELAJAR
: Buku Pelajaran Agama Islam Departemen
Agama,
Buku Penunjang dari lainnya,
Al-Quran dan terjemahannyan oleh
Departemen Agama.

VI. PENILAIAN : Bentuk Tes : Tertulis, Tes Lisan, dan
Pengamatan dan Melalui e-mail

VI. BENTUK SOAL : Esay
1. Jelaskan 4 kewajiban terhadap jenazah!.
2. sebutkanlah hukum penyelenggaraan
jenazah!.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XI/ 2.
PERTEMUAN KE : 3 (Ketiga )
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 20. Meningkatkan Keimmanan kepada
Kitab-kitab Allah,
KOMPETENSI DASAR : 20.1. Menampilkan perilaku yang men-
cerminkan keimanan kepada Kitab-
kitab Allah.
20.2. Menerapkan hikmah beriman kepada
Kitab-kitab Allah.
INDIKATOR : – dapat mengenal kitab-kitab yang diturun
kan Allah.
– dapat menerapkan fungsi kitab Allah
sebagai pedoman hidup manusia yang
beriman.
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
: Agar mengenal kitab Allah yang
diturunkan
Agar dapat menerapkan dalam kehidupan.
II. MATERI AJAR : 1. Empat Kitab Allah dan 100 shuhuf.
III. METODE
PEMBELAJARAN
: 1. Tanya Jawab
2. Ceramah Bervariasi dan diskusi
3. Tugas individu mengirim melalui e-mail
IV. LANGKAH2
PEMBELAJARAN
A. Langkah Awal
1. Guru melaksanakan pre-test
2. Tugas kepada siswa membaca modul
B. Langkah Inti
1. Siswa mencatat hal – hal penting dari
modul
2. Menanyakan hal – hal yang kurang
dipahami
3. Guru bertanya kepada siswa
4. Tanya jawab guru dan atau kelompok
5. Menyimpulkan hasil pembelajaran
C. Kegiatan Akhir
1. Melaksanakan post test
2. Remedial
V. ALAT/BAHAN/SUMBER
BELAJAR
: Buku Pelajaran Agama Islam Dept Agama,
Buku Penunjang dari lainnya,
Al-Quran dan terjemahannyan oleh Depag.
VI. PENILAIAN : Bentuk Tes : Tertulis, Tes Lisan, dan
Pengamatan dan melalui e-mail

VI. BENTUK SOAL : Esay
1. Jelaskan kitab yang diturunkan kepada
Nabi:
a. Musa. AS
b. Daud. AS
c. Isa AS
d. Muhammad SAW
2. Apakah fungsi kitab Allah bagi umatnya?.
3. Jelaskan cara al-Qur’an diturunkan!.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XI/ 2.
PERTEMUAN KE : 4 (Keempat )
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 21. Membiasakan perilaku terpuji.
KOMPETENSI DASAR : 21.1. Menjelaskan pengertian dan maksud
menghargai karya orang lain.
21.2. Menampilkan contoh perilaku
menghargai karya orang lain.
21.3. Membiasakan perilaku menghargai
karya orang Lain dalam kehidupan
sehari-hari.
INDIKATOR : – dapat menjelaskan pengertian dan
maksud menghargai karya orang lain.
– dapat memberikan contah perilaku
menghargai karya orang lain.
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
: Agar mengenal perilaku menghargai orang
lain.
Agar dapat menerapkan dalam kehidupan.
II. MATERI AJAR : 1. Menghargai karya orang lain dalam
kehidupan.
III. METODE
PEMBELAJARAN
: 1. Tanya Jawab
2. Ceramah Bervariasi dan diskusi
3. Tugas individu mengirim melalui e-mail
IV. LANGKAH2
PEMBELAJARAN
A. Langkah Awal
1. Guru melaksanakan pre-test
2. Tugas kepada siswa membaca modul
B. Langkah Inti
1. Siswa mencatat hal – hal penting dari
modul
2. Menanyakan hal – hal yang kurang
dipahami
3. Guru bertanya kepada siswa
4. Tanya jawab guru dan atau kelompok
5. Menyimpulkan hasil pembelajaran
C. Kegiatan Akhir 1. Melaksanakan post test
2. Remedial
V. ALAT/BAHAN/SUMBER
BELAJAR
: Buku Pelajaran Agama Islam Dept Agama,
Buku Penunjang dari lainnya,
Al-Quran dan terjemahannyan oleh Depag.

VI. PENILAIAN : Bentuk Tes : Tertulis, Tes Lisan, dan
Pengamatan dan melalui e-mail

VI. BENTUK SOAL : Esay
1. Jelaskan pengertian menghargai karya
orang lain!
2. Buatlah contoh menghargai karya orang
lain!.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XI/ 2.
PERTEMUAN KE : 5 (Kelima )
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 22. Menghindari perilaku tercela.
KOMPETENSI DASAR : 22.1. Menjelaskan pengertian dosa besar.
22.2. Menyebutkan contoh perbuatan dosa
besar.
22.3. Menghindari perbuatan dosa besar
dalam kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR : – dapat menjelaskan pengertian dosa besar.
– dapat memberikan contoh beberapa
dosa besar.
– dapat menghindari dosa besar dalam
kehidupan.
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
: Agar mengenal dosa-dosa besar.
Agar dapat menghindari diri dari dosa besar.
II. MATERI AJAR : 1. Dosa-dosa besar yang harus dihindari.
III. METODE
PEMBELAJARAN
: 1. Tanya Jawab
2. Ceramah Bervariasi dan diskusi
3. Tugas individu mengirim melalui e-mail
IV. LANGKAH2
PEMBELAJARAN
A. Langkah Awal
1. Guru melaksanakan pre-test
2. Tugas kepada siswa membaca modul
B. Langkah Inti
1. Siswa mencatat hal – hal penting dari
modul
2. Menanyakan hal – hal yang kurang
dipahami
3. Guru bertanya kepada siswa
4. Tanya jawab guru dan atau kelompok
5. Menyimpulkan hasil pembelajaran
C. Kegiatan Akhir
1. Melaksanakan post test
2. Remedial
V. ALAT/BAHAN/SUMBER
BELAJAR
: Buku Pelajaran Agama Islam Dept Agama,
Buku Penunjang dari lainnya,
Al-Quran dan terjemahannya oleh Depag.

VI. PENILAIAN : Bentuk Tes : Tertulis, Tes Lisan, dan
Pengamatan dan melalui e-mail

VI. BENTUK SOAL : Esay
1. Jelaskan pengertian dosa besar!.
2. sebutkanlah 4 contoh dosa besar.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XI/ 2.
PERTEMUAN KE : 7 (Ketujuh )
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 24. Memahami khutbah , tablig dan da,wah.
KOMPETENSI DASAR : 24.1. Menjelaskan pengertian khutbah,
tablig dan da’wah.
24.2. Menjelaskan tatacara khutbah, tablig
dan da’wah.
24.3. Memperagakan khutbah, tablig dan
da’wah.
INDIKATOR : – dapat menerangkan pengertian khutbah,
tablig dan da’wah.
– dapat memperagakan khutbah, tablig
dan da’wah.
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
: – Agar mengetahui pengertian khutbah,
tablig dan da’wah.
– Agar dapat berkhotbah, bertablig dan
berda’wah.
II. MATERI AJAR : 1. Khutbah, tablig dan da’wah.
III. METODE
PEMBELAJARAN
: 1. bermain peran.
2. simulasi.
3. Tugas individu mengirim melalui e-mail
IV. LANGKAH2
PEMBELAJARAN
A. Langkah Awal
1. Guru melaksanakan pre-test
2. Tugas kepada siswa membaca modul
B. Langkah Inti
1. Siswa mencatat hal – hal penting dari
modul
2. Menanyakan hal – hal yang kurang
dipahami
3. Simulasi khutbah,tablig dan da’wah
beberapa orang
5. Menyimpulkan hasil pembelajaran
C. Kegiatan Akhir 1. Melaksanakan post test
2. Remedial

V. ALAT/BAHAN/SUMBER
BELAJAR
: Buku Pelajaran Agama Islam Dept Agama,
Buku Penunjang dari lainnya,
Al-Quran dan terjemahannyan oleh Depag.

VI. PENILAIAN : Bentuk Tes : Tertulis, Tes Lisan, dan
Pengamatan dan melalui e-mail

VI. BENTUK SOAL : Esay
1. Jelaskan rukun khutbah jum’at!.
2. Terangkan perbedaan khutbah dengan
da’wah dan tablig.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XI/ 2.
PERTEMUAN KE : 8 dan 9 (kedelapan dan kesembilan )
ALOKASI WAKTU : 4 x 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 25. Memahami perkembangan Islam pada
masa modern.
KOMPETENSI DASAR : 25.1. Menjelaskan perkembangan Islam
pada masa modren.
25.2. Menunjukkan contoh peristiwa per-
kembangan Islam masa modren.
INDIKATOR : – dapat menerangkan perkembangan Islam
dimasa modren.
– dapat menunjukkan contoh perkembang-
an Islam dimasa modren.
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
: – Agar mengetahui perkembangan Islam
dimasa modren.
– Agar dapat menunjukkan contoh per-
kembangan Islam dimasa modren.
II. MATERI AJAR : 1. Perkembangan Islam pada masa modern.
III. METODE
PEMBELAJARAN
: 1. Diskusi
2. Tanya jawab.
3. Tugas individu mengirim melalui e-mail
IV. LANGKAH2
PEMBELAJARAN
A. Langkah Awal
1. Guru melaksanakan pre-test
2. Tugas kepada siswa membaca modul
B. Langkah Inti
1. Siswa mencatat hal – hal penting dari
modul
2. Menanyakan hal – hal yang kurang
dipahami
3. Diskusi kelompok
5. Menyimpulkan hasil pembelajaran
C. Kegiatan Akhir
1. Melaksanakan post test
2. Remedial V. ALAT/BAHAN/SUMBER
BELAJAR
: Buku Pelajaran Agama Islam Dept Agama,
Buku Penunjang dari lainnya,
Al-Quran dan terjemahannyan oleh Depag.

VI. PENILAIAN : Bentuk Tes : Tertulis, Tes Lisan, dan
pengamatan dan melalui e-mail

VI. BENTUK SOAL : Esay
1. Jelaskan perkembangan Islam dimasa
modren!.
2. Tunjukkanlah beberapa contoh peristiwa
perkembangan Islam di masa modren.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XII/ 2.
PERTEMUAN KE : 1 dan 2 (Pertamam dan kedua )
ALOKASI WAKTU : 4 x 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 32. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang
pengembangan IPTEK.
KOMPETENSI DASAR : 32.1. Membaca QS Yunus: 101, Al-
Baqarah: 164.
32.2. Menjelaskan arti QS Yunus: 101, Al-
Baqarah: 164.
32.3. Melakukan pengembangan IPTEK
seperti terkandung dalam QS Yunus:
101, Al-Baqarah: 164.
INDIKATOR : – dapat membaca dengan baik QS
Yunus: 101, Al-Baqarah: 164.
– dapat menjelaskan arti QS Yunus: 101,
Al-Baqarah: 164.
– dapat mengembangan IPTEK sesuai
kemampuan dan kapasitasnya.
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
: – Agar mengetahui cara membaca QS
Yunus: 101, Baqarah: 164.
– Agar dapat mengartikan QS Yunus:
101, Al-Baqarah: 164.
– Agar mampu mengembangkan IPTEK
sesuai dengan kapasitas dan
kemampuannya.
II. MATERI AJAR : 1. Al-Qur’an QS Yunus: 101,
Al-Baqarah: 164.
III. METODE
PEMBELAJARAN
: 1. Diskusi
2. Tanya jawab.
3. Tugas individu mengirim melalui e-mail
IV. LANGKAH2
PEMBELAJARAN
A. Langkah Awal
1. Guru melaksanakan pre-test
2. Tugas kepada siswa membaca modul
B. Langkah Inti
1. Siswa mencatat hal – hal penting dari modul
2. Menanyakan hal – hal yang kurang
dipahami
3. Diskusi kelompok
5. Menyimpulkan hasil pembelajaran
C. Kegiatan Akhir
1. Melaksanakan post test
2. Remedial

V. ALAT/BAHAN/SUMBER
BELAJAR
: Buku Pelajaran Agama Islam Dept Agama,
Buku Penunjang dari lainnya,
Al-Quran dan terjemahannyan oleh Depag.

VI. PENILAIAN : Bentuk Tes : Tertulis, Tes Lisan, dan
pengamatan dan melalui e-mail
VI. BENTUK SOAL : Esay
1. Bacalah Al-Qur’an Surat Yunus: 101, Al-
Baqarah: 164.!.
2. Terjemahkan Surat Yunus: 101, Al-
Baqarah: 164.!.
3. Berikanlah beberapa contoh
pengembangan IPTEK oleh manusia!.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XII/ 2.
PERTEMUAN KE : 3 (Ketiga )
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 33. Meningkatkan keimanan kepada
Qadha’ dan qadar.
KOMPETENSI DASAR : 33.1. Menjelaskan tanda-tanda keimanan
kepada Qadha’ dan qadar.
33.2. Menerapkan hikmah beriman kepada
Qadha’ dan qadar.
INDIKATOR : – dapat menerangkan tanda-tanda beriman
kepada Qadha’ dan qadar.
– dapat menerapkan hikmah beriman
kepada Qadha’ dan qadar.
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
: – Agar mengetahui ketentuan Allah Qadha’
dan qadar.
– Agar dapat menerapkan hikmah beriman
kepada qadha dan qadar dalam
kehidupan.
II. MATERI AJAR : 1. Beriman kepada Qadha’ dan qadar.
III. METODE
PEMBELAJARAN
: 1. Diskusi
2. Tanya jawab.
4. Tugas individu mengirim melalui e-mail
IV. LANGKAH2
PEMBELAJARAN
A. Langkah Awal
1. Guru melaksanakan pre-test
2. Tugas kepada siswa membaca modul
B. Langkah Inti
1. Siswa mencatat hal – hal penting dari
modul
2. Menanyakan hal – hal yang kurang
dipahami
3. Diskusi kelompok
5. Menyimpulkan hasil pembelajaran
C. Kegiatan Akhir
1. Melaksanakan post test
2. Remedial
V. ALAT/BAHAN/SUMBER : Buku Pelajaran Agama Islam Dept Agama,BELAJAR
Buku Penunjang dari lainnya,
Al-Quran dan terjemahannyan oleh Depag.

VI. PENILAIAN : Bentuk Tes : Tertulis, Tes Lisan, dan
pengamatan dan melalui e-mail

VI. BENTUK SOAL : Esay
1. Jelaskan pengertian qadha dan qadar!.
2. Tunjukkanlah contoh penerapan beriman
kepada Qadha dan qadar.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XII/ 2.
PERTEMUAN KE : 4 (Keempat )
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 34. Membiasakan prilaku terpuji.
KOMPETENSI DASAR : 34.1. Menjelaskan pengertian dan maksud
persatuan dan kerukunan.
34.2. Menampilkan contoh persatuan dan
kerukunan.
34.3. Membiasakan perilaku persatuan dan
kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
INDIKATOR : – dapat menerangkan pengertian
persatuan dan kerukunan.
– dapat memberikan contoh sikap
persatuan dan kerukunan.
– dapat membiasakan sikap persatuan
dan kerukunan.
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
: – Agar mengetahui perlu persatuan dan
kerukunan.
– Agar dapat menampilkan contoh
persatuan dan kerukunan.
– Agar dapat membiasakan sikap
persatuan dan kerukunan.
II. MATERI AJAR : 1. Sikap persatuan dan kerukunan.
III. METODE
PEMBELAJARAN
: 1. Diskusi
2. Tanya jawab.
5. Tugas individu mengirim melalui e-mail
IV. LANGKAH2
PEMBELAJARAN
A. Langkah Awal
1. Guru melaksanakan pre-test
2. Tugas kepada siswa membaca modul
B. Langkah Inti
1. Siswa mencatat hal – hal penting dari
modul
2. Menanyakan hal – hal yang kurang
dipahami
3. Diskusi kelompok 5. Menyimpulkan hasil pembelajaran
C. Kegiatan Akhir
1. Melaksanakan post test
2. Remedial
V. ALAT/BAHAN/SUMBER
BELAJAR
: Buku Pelajaran Agama Islam Dept Agama,
Buku Penunjang dari lainnya,
Al-Quran dan terjemahannyan oleh Depag.

VI. PENILAIAN : Bentuk Tes : Tertulis, Tes Lisan, dan
pengamatan dan melalui e-mail

VI. BENTUK SOAL : Esay
1. Jelaskan pengertian persatuan!.
2. Jelaskan pengertian kerukunan!.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XII/ 2.
PERTEMUAN KE : 5 (Kelima )
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 35. Menghindari prilaku tercela.
KOMPETENSI DASAR : 35.1. Menjelaskan pengertian isyraf, tabzir,
ghibah dan fitnah.
35.2. Menjelaskan contoh perilaku isyraf,
tabzir, ghibah dan fitnah.
35.3. Menghindari perilaku isyraf, tabzir,
ghibah dan fitnah.
INDIKATOR : – dapat menerangkan pengertian isyraf,
tabzir, ghibah dan fitnah.
– dapat memberikan contoh isyraf, tabzir,
ghibah dan fitnah.
– dapat menghindari perilaku isyraf,
tabzir, ghibah dan fitnah.
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
: – Agar mengetahui sipat tercela isyraf,
tabzir, ghibah dan fitnah.
– Agar dapat menampilkan contoh isyraf,
tabzir, ghibah dan fitnah.
– Agar dapat menghindari perilaku isyraf,
tabzir, ghibah dan fitnah.
II. MATERI AJAR : 1. Sikap tercela isyraf, tabzir, ghibah dan
fitnah. .
III. METODE
PEMBELAJARAN
: 1. Diskusi
2. Tanya jawab.
6. Tugas individu mengirim melalui e-mail
IV. LANGKAH2
PEMBELAJARAN
A. Langkah Awal
1. Guru melaksanakan pre-test
2. Tugas kepada siswa membaca modul
B. Langkah Inti
1. Siswa mencatat hal – hal penting dari
modul
2. Menanyakan hal – hal yang kurang dipahami
3. Diskusi kelompok
5. Menyimpulkan hasil pembelajaran
C. Kegiatan Akhir
1. Melaksanakan post test
2. Remedial
V. ALAT/BAHAN/SUMBER
BELAJAR
: Buku Pelajaran Agama Islam Dept Agama,
Buku Penunjang dari lainnya,
Al-Quran dan terjemahannyan oleh Depag.

VI. PENILAIAN : Bentuk Tes : Tertulis, Tes Lisan, dan
pengamatan dan melalui e-mail

VI. BENTUK SOAL : Esay
1. Jelaskan pengertian !.
a. isyrof,
b. tabzir,
c. ghibah,
d. fitnah.
2. Mengapa kita harus menghindari sikap
diatas?.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XII/ 2.
PERTEMUAN KE : 6 dan 7 (Keenam dan ketujuh )
ALOKASI WAKTU : 4 x 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 36. Memahami hukum Islam tentang waris.
KOMPETENSI DASAR : 36.1. Menjelaskan ketentuan-ketentuan
hukum waris.
36.2. Menjelaskan ketentuan hukum waris
di Indonesia.
36.3. Menjelaskan contoh pelaksanaan
hukum waris di Indonesia.
INDIKATOR : – dapat menerangkan ketentuan-
ketentuan hukum waris.
– dapat menjelaskan ketentuan hukum
waris di Indonesia.
– dapat memberikan contoh pelaksanaan
hukum waris di Indonesia.
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
: – Agar mengetahui ketentuan-ketentuan
hukum waris.
– Agar dapat menjelaskan ketentuan
hukum waris di Indonesia.
– Agar dapat memberikan contoh
pelaksanaan hukum waris di Indonesia.
II. MATERI AJAR : 1. Ketentuan Hukum Islam tentang waris.
III. METODE
PEMBELAJARAN
: 1. Diskusi
2. Tanya jawab.
3. Tugas individu mengirim melalui e-mail
IV. LANGKAH2
PEMBELAJARAN
A. Langkah Awal
1. Guru melaksanakan pre-test
2. Tugas kepada siswa membaca modul
B. Langkah Inti
1. Siswa mencatat hal – hal penting dari
modul
2. Menanyakan hal – hal yang kurang
dipahami 3. Diskusi kelompok
5. Menyimpulkan hasil pembelajaran
C. Kegiatan Akhir
1. Melaksanakan post test
2. Remedial
V. ALAT/BAHAN/SUMBER
BELAJAR
: Buku Pelajaran Agama Islam Dept Agama,
Buku Penunjang dari lainnya,
Al-Quran dan terjemahannyan oleh Depag.

VI. PENILAIAN : Bentuk Tes : Tertulis, Tes Lisan, dan
pengamatan dan melalui e-mail

VI. BENTUK SOAL : Esay
1. Jelaskan pengertian !.
a. Warisan,
b. Ahli waris,
c. Ashobah,
d. Washiat.
2. Soal dilampirkan dalam bagian
tersendiri!.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER : XII/ 2.
PERTEMUAN KE : 8 dan 9 (Kedelapan dan kesembilan )
ALOKASI WAKTU : 4 x 45 Menit
STANDAR KOMPETENSI : 37. Memahami perkembangan Islam di
Dunia.
KOMPETENSI DASAR : 37.1. Menjelaskan perkembangan Islam di
Dunia.
37.2. Memberikan contoh perkembangan
Islam di Dunia.
37.3. Mengambil hikmah dariperkembangan
Islam di Dunia.
INDIKATOR : – dapat menerangkan perkembangan
Islam di Dunia.
– dapat memberikan contoh perkembangan
Islam di Dunia.
– dapat mengambil hikmah dari per-
kembangan Islam di Dunia.
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
: – Agar mengetahui perkembangan Islam
di Dunia.
– Agar dapat menampilkan contoh
perkembangan Islam di Dunia.
– Agar dapat mengambil hikmah dari
perkembangan Islam di Dunia.
II. MATERI AJAR : 1. Perkembangan Islam didunia .
III. METODE
PEMBELAJARAN
: 1. Diskusi
2. Tanya jawab.
3. Tugas individu mengirim melalui e-mail
IV. LANGKAH2
PEMBELAJARAN
A. Langkah Awal
1. Guru melaksanakan pre-test
2. Tugas kepada siswa membaca modul
B. Langkah Inti
1. Siswa mencatat hal – hal penting dari modul
2. Menanyakan hal – hal yang kurang
dipahami
3. Diskusi kelompok
5. Menyimpulkan hasil pembelajaran
C. Kegiatan Akhir
1. Melaksanakan post test
2. Remedial
V. ALAT/BAHAN/SUMBER
BELAJAR
: Buku Pelajaran Agama Islam Dept Agama,
Buku Penunjang dari lainnya,
Al-Quran dan terjemahannyan oleh Depag.

VI. PENILAIAN : Bentuk Tes : Tertulis, Tes Lisan, dan
pengamatan dan melalui e-mail

VI. BENTUK SOAL : Esay
1. Jelaskan perkembangan Islam !.
2. Berikanlah contoh peninggalan Islam di
beberapa Negara di Dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: