Sebenarnya postingan ini ada pada blog saya yang Hihia Tec, tetapi saya putuskan untuk pindahkan disini agar lebih fokus dalam mengurusnya. Sesuai judulnya di postingan kali ini saya akan menulis sedikit tutorial tentang bagaimana cara belajar PHP. Tutorial ini selalu akan bersambung, dan tidak dirampungkan dalam 1 post. Jadi harap sabar apabila kelanjutannya agak tersendat-sendat karena kadang kala saya cukup sibuk :(
PHP adalah salah satu bahasa interpreter yang paling banyak digunakan untuk menulis web. PHP merupakan singkatan dari HyperText PreProcessing yang dikembangkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994 dan dirilis ke public pada tahun 1995.
Apa sebenarnya kegunaan PHP bagi web kita? Dengan menggunakan PHP kita bisa membuat web kita menjadi dinamis. PHP sendiri adalah sebuah cross-platform language, yang diinstall pada web server, jadi akan diperlakukan sama walaupun berbeda OS.
Lalu apa saja yang bisa kita buat dengan mempelajari PHP? Jawabannya banyak sekali karena PHP merupakan bahasa yang sangat fleksibel dan memiliki banyak ekstensi serta framework yang mempermudah programmer untuk mengembangkan aplikasi. WordPress, yang merupakan salah satu CMS untuk blog yang mungkin sangat sering kita gunakan juga ditulis dalam bahasa PHP. Aplikasi-aplikasi lainnya seperti Joomla dan software-software e-Commerce juga banyak ditulis menggunakan bahasa PHP. Situs terkenal seperti Facebook juga dibuat dengan menggunakan PHP.
Oke, permasalahannya saya tidak bisa PHP dan tidak mengerti apa-apa tentang programming, tetapi saya ingin belajar PHP. Di internet banyak sekali source-source yang bisa diperoleh tentang tutorial PHP mulai dari basic (beginner) sampai dengan advance. Bagi pembaca yang lebih menyukai bahasa Indonesia, di web ini saya akan tulis mengenai tutorial PHP yang advance dan beginner dalam bahasa Indonesia.
Untuk belajar PHP, kita harus menginstall web server. Web server ini berfungsi sebagai virtual host pada komputer anda. PHP merupakan server-side script, yaitu program yang dijalankan di sisi server. Oleh karena itu untuk belajar PHP anda perlu menginstall web server di komputer anda. Web server yang saya rekomendasikan adalah XAMPP yang mana sudah include dengan MySQL server (untuk database). Selain itu XAMPP juga sangat mudah diinstall dan digunakan sehingga sangat cocok untuk pemula.
Anda bisa mendownload XAMPP server di http://www.soft82.com/download/windows/xampp/ (v1.7.2) atau dihttp://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html (v1.7.3). Saya asumsikan banyak pengguna yang memakai sistem operasi Windows.
Saya menyarankan untuk menggunakan self-installer (bukan yang zip archive). Setelah selesai menginstall anda buka aplikasi XAMPP Control Panel milik anda (biasa sudah ada icon di Destop jika menggunakan installer). Berikut adalah tampilannya :

Kemudian anda perlu mengklik tombol start pada bagian Apache. Dan web server anda sudah berjalan.
Untuk mengetes webserver anda, buka web browser anda kemudian ketikan http://localhost/. Bila anda melihat logo XAMPP besar pada browser anda berarti XAMPP sudah terinstall.
Nah, kemudian kita perlu untuk menaruh script yang kita tulis di folder htdocs pada directory XAMPP. Directory htdocs umumnya ada pada DirectoryXAMPP/htdocs/. **Perlu diingat htdocs ini adalah root dari web server anda. Jadi jika anda membuat folder di folder htdocs ini maka anda bisa mengaksesnya dengan http://localhost/nama_folder/ **
Nah untuk percobaan pertama ini kita akan membuat script PHP sederhana. Cukup save script ini pada directory root htdocs. Bagi para pemula, kali ini kita cukup menggunakan notepad untuk menulis script PHP.
Nah kemudian save tulisan ini dengan nama phpversion.php pada directory htdocs anda. Sebagai contoh, saya menginstall XAMPP di directory C:\(defaultnya) maka htdocs saya ada pada directory C:\xampp\htdocs\. *Penting : karena anda belum menggunakan editor jangan lupa untuk selalu mengubah save type notepad menjadi All Files dan ditambahkan ekstensi .php pada nama filenya.
Kemudian sebagai langkah terakhir kita tes script kita, buka http://localhost/phpversion.php dan amati hasilnya.  Ok, pada tutorial selanjutnya kita akan belajar logika pemrograman sederhana dengan PHP. Bagi pembaca yang mengalami kesulitan atau kurang jelas bisa langsung tanya aja pada komentar di b